Minggu, 04 September 2011

ANTARA AKU DAN KUCING (Membahas Hadits tentang kucing)

Diposting oleh Camelia di Minggu, September 04, 2011
Apakah kamu pelihara kucing? buat kamu, mulism yang pelihara kucing, maka beruntunglah.. kenapa? ternyata kucing adalah hewan yang suci. bahkan Rasulullah bersabda:
Dari abu Qatadah katanya: "Sesungguhnya Rasulullah saw, pernah mengatakan tentang kucing. bahwa kucing itu tidak najis, kucing itu binatang yang selalu ada di sekelilingmu." (selalu bergaul dengan kamu). (HR. Al-Arba'ah dan dinyatakan shohih oleh At-Turmudzi dan Ibnu Khuzaimah)

Hadits tersebut sebagai dalil yang menunjukkan sucinya kucing dan bekas makanan atau minuman kucing. jika kucing terkena najis, maka ia menjadi najis karena najis tersebut, bukan karena si Kucing. :)
hadits di atas, bisa kamu baca di Subulus Salam Bab Tentang Air (pertama).
hadits versi lain dari Qatadah juga, begini bunyinya:
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : "عُذِّبَتِ امْرَأَةٌ فِيْ هِرَّةٍ سَجَنَتْهَا حَتَّى مَاتَتْ فَدَخَلَتْ فِيْهَا النَّارُ، لاَ هِيَ أَطْعَمَتْهَا وَلاَ سَقَتْهَا إِذْ هِيَ حَبَسَتْهَ، وَلاَ هِيَ تَرَكَتْهَا تَأْكُلُ مِنْ خَشَاشِ اْلأَرْضِ"
“Kucing ini tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita. ” (HR. At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, Malik. Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil no. 173 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Nah, makanya, buat temen-temen yang pelihara kucing, harap dirawat dengan baik, jangan disia-siakan. karena kucing itu hewan yang menyenangkan hati dan menjadi perhiasan rumah.

bekas minuman kucing tidak najis, bedak dengan bekas minuman anjing. bejana yang dijilat anjing hingga bercampur liurnya, maka wajib dicuci 7 kali dan permulaannya dengan tanah.
Tahu tidak? Ternyata, bakteri di air liur dalam mulut kucing = 1/2 bakteri dimulut manusia,,
trus bakteri dimulut manusia = 1/4 bakteri dimulut anjing. hm.. Islam memang sangat mencintai kebersihan.


Jangan Menyia-nyiakan kucing!

tadi, aku sudah singgung untuk merawat kucingmu dengan baik, yang ikhlas. Jangan sampai seperti hadits di bawah ini.
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : "عُذِّبَتِ امْرَأَةٌ فِيْ هِرَّةٍ سَجَنَتْهَا حَتَّى مَاتَتْ فَدَخَلَتْ فِيْهَا النَّارُ، لاَ هِيَ أَطْعَمَتْهَا وَلاَ سَقَتْهَا إِذْ هِيَ حَبَسَتْهَ، وَلاَ هِيَ تَرَكَتْهَا تَأْكُلُ مِنْ خَشَاشِ اْلأَرْضِ"
Abdullah bin Umar r.a meriwayatkan bahwa Rasullah SAW bersabda: “Seorang wanita disiksa karena ia mengurung seekor kucing hingga mati dan wanita itu pun masuk neraka; wanita tersebut tidak memberi kucing itu makan dan minum saat dia mengurungnya dan tidak membiarkannya untuk memakan buruannya.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

kalau memang tidak bisa pelihara, mending diberikan pada orang lain saja. daripada menderita di tanganmu. oya, mau share nih, aku juga punya kucing, lo! kucing Jawa yang cakep, namanya Pino. nama Panjangnya Pino Sbastian. :D
nih foto-fotonya... :)















Sumber Hadits: Subulus Salam, kalo yang ada tulisan arabnya, aku ngopi dari alamat di sini sama di sini.

0 komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi! Silahkan, bekomentar dengan sopan! :D

 

Bunga Rumput Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei