Minggu, 29 April 2012

SEL DARAH YANG IMUT (?)

Diposting oleh Camelia di Minggu, April 29, 2012
Bulan-bulan ini, aku lagi disibukkan oleh seminar. Seminar di sini bukan ngisi Seminar, tapi suatu mata kuliah yang mengharuskan aku membuat penelitian atau kajian tentang suatu hal. Habis itu, dilaporkan deh.. nah, penelitianku kali ini tentang Profil leukosit Cuora amboinensis dan Amyda cartilaginea. Walau bukan hal yang keren menurut semua orang, tapi ngambil darah dari kura-kura membuatku takjub, nggak tau kenapa. Asik! Ngamatin gimana darah itu bisa diambil, ngatasin hewan yang galak dan suka nggigit, hewan yang usil, ditinggal meleng bentar kabur ke bawah meja. Aneh-aneh aja.. *geleng-geleng.
Terus, aku menunjukkan ke-katrok-anku pas mau ngukur jumlah leukosit pake haemocytometer. Waktu itu aku pake pencahayaan maksimal, dan nggak nemu garis-garis sampe putus asa. Nyoba lagi berulang-ulang tetep ggak ketemu bilik hitungnya. Kadang ketemu tapi tuipissss buangetz.. akhirnya suatu ketika datanglah ilham.. (sebenerya dicariin sama senior, sih..), ternyata diafragmanya belum digeser. Setelah digeser trus pencahayaannya diturunin… Byar! Muncul lah bilik hitung itu secara ajaib *gara-gara frustasi semua menjadi fatamorgana.. --> opo jal?

Semenjak udah bisa nemuin bilik hitung, aku jadi hobi ngitung. Rasanya kegiatan ngintip sel darah yang imut-imut itu jadi terasa menyenangkan. Percaya nggak percaya, ngitung sel darah menjadi kerjaan terfavoritku minggu ini. Trus pas tadi sore Sang Senior bilang, “Wah, jadi ngitung selnya dah selesai ya.. tinggal leukosit differensial.. “. A.. a.. a.. a.. bener juga, berarti sekarang aku nggak ketemu Haemocytometer lagi, nggak ketemu sel-sel imut yang masih seger dan bergerak (karena larutannya lho.. bukan karena idup!), tapi sekarang bakalan ketemu sel darah putih yang udah jadi apusan, terus musti kenalan satu-satu sambil ngabsen ada berapa jumlahnya tiap jenis. Yah, okelah.. mungkin sekarang belum aku sukai, tapi siapa tau ntar aku bakal menemukan keimutan sel leukosit di apusan. Dan menghitung mereka, akan menjadi hal mengasyikkan selanjutnya.. :D

Ps. Bicara soal penelitian, pasti banyak yang punya kendala dan hal yag nyebelin. Seperti temenku nia dan fitri yang masih “washing time.. washing time..” gara-gara sampel kelamaan direndam di bouin. Hahaha..  washing time=wasting time? (oops!)

0 komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi! Silahkan, bekomentar dengan sopan! :D

 

Bunga Rumput Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei