Senin, 04 November 2013

Mengikat Ide

Diposting oleh Camelia di Senin, November 04, 2013
Masalah dalam menulis, selain mood, salah satunya adalah ide.
Pas butuh nulis, mood udah oke, keadaan udah mendukung, eh.. idenya nggak muncul-muncul. Atau kadang ide tiba-tiba bermunculan tapi kamu lagi nggak dalam kondisi yang oke buat nulis. Kalau aku biasanya pas di WC atau naek motor tuh, inspirasi, ide-ide pada muncul.

Jadi, apa yang perlu dilakukan?
Aku nggak tahu quote ini asalnya dari mana. Kalau nggak salah dari mbak Afifah Afra Amatullah pas aku mengikuti salah satu Talkshow beliau, atau mungkin aku baca dari buku. Baiklah, salah itu dimaafkan. Jadi quotenya begini, "Ikatlah idemu!". Iya, cuma begitu. Ikat idemu. Pas ide itu muncul, ikatlah idemu dengan mencatatnya. Jadi, kalau kata beliau, penulis itu, idealnya punya catatan kecil untuk menuliskan ide-idenya. Ketika ide itu muncul dan belum bisa menuliskannya, catat dulu. Baru nanti ditulis saat kondisi sudah memungkinkan. Kalau aku, saat ide bagus tiba-tiba muncul, kadang aku tepikan motor, trus ngetik di hape. :D Karena aku tahu, kalau cuma diingat-ingat, ide itu bakal melayang. Trus aku lupa tadi ada ide bangus apa. Sayang, kan?

Ada lagi nih tips lain yang mirip. Tapi ini adalah saat kamu pingin nulis, ada ide, tp lagi nggak bisa ngeblog. Ide ini dapet dari temanku Nia, blognya bisa dilihat di sini.
Dia bisa menuliskan kisah/ apapun yang ide yang ingin ditulisnya di 'Blog offline'. Jadi wujudnya semacam buku buat nulis panjang lebar sesuai ide yang muncul tadi. Menulis dengan kertas dan pena itu punya romansa tersendiri, kawan! Jadi, kamu bisa juga mencoba tips ini.

Nah, sudah siap menyambut ide selanjutnya? Jangan lupa bawa 'pengikat'nya, ya! ^^
Selamat membaca dan terus blogging! Yeah!

0 komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi! Silahkan, bekomentar dengan sopan! :D

 

Bunga Rumput Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei