Rabu, 24 Juli 2013

Tersenyumlah pada Kesalahanmu

Diposting oleh Camelia di Rabu, Juli 24, 2013
Aku tidak berhak mendakwa. Tapi, berkali-kali aku katakan. Kenangan itu bukan untuk dilupakan, tapi untuk dikenang.
Pengalaman buruk, kesalahan dalam melangkah, bukan alasan untuk menghapuskan masa lalu dan menganggapnya tak ada. Mengganggap dirimu baik-bbaik saja. Kesalahanmu, ingatlah! Agar kau tak mengulang kesalahan yang sama.

Kesalahan orang lain, tak perlu dilupaka, tapi dimaafkan. Karena dengan memaafkan, walaupun kau masih mengingat kesalahannya, kamu akan tetap dapat tersenyum padanya dengan seluruh hatimu. Karena memaafkan, berarti kau tak membencinya. Tapi dengan melupakan, kau akan kembali membencinya jika suatu saat kau ingat kembali.

Kesalahanmu, kesalahan orang lain, adalah pelajaran agar tak terulang. Adalah pelajaran agar tak meniru.

Kesalahanmu, jangan kau lupakan. Karena mengingatnya itu baik. Perasaan menyesal atas sebiah kesalahan adalah tanggung jawab. Sehingga dengan mengingatnya, kau tak ingin mengulangi penyesalan yang sama. Dengan mengingatnya, kau dapat menghargai kedamaian yang kau miliki, dan tak ingin menodainya dengan penyesalan.

Jangan takut membuat kesalahan. Tapi janganlah sengaja merugikan. Karena takut salah adalah sebuah kesalahan. Dengan salah kita belajar kebenaran. Dengan menyesal kita belajar kedamaian.

Jangan meratapi. Karena meratapi kesalahan itu menyedihkan.Tak apa jika harus menangis tengah malam, setiap hari menyesali kesalahanmu. Dengan begitu, kau dapat tersenyum penuh kedamaian pada hari esok.

Memaafkan saat disalahi,
Minta maaf saat salah,
Berani
Ksatria.
Selesaikan masalah
Tanpa mengutuk
Tersenyumlah,
setulus hatimu

0 komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi! Silahkan, bekomentar dengan sopan! :D

 

Bunga Rumput Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei