Jumat, 11 Maret 2016

Akhirnya, Proses Melahirkan.. :')

Diposting oleh Camelia di Jumat, Maret 11, 2016
Setelah merasakan kontraksi lebih dari 6 jam, akhirnya aku dibawa ke RSUD Temanggung. Kontraksi sudah semakin nyeri. Ketika muncul rasanya nyeri seperti haid tapi sedikit lebih sakit. Tapi sebenarnya, diri ini masih kurang yakin kalau akan melahirkan sebentar lagi, karena kata orang tanda melahirkan itu ada flek darah atau lendir. Sedangkan aku belum ada sama sekali, bahkan lendirpun tidak.

Namun berhubung kontraksi sudah teratur, per 3-5 menit, maka diniatkan aja, bismillah.. semoga jika benar akan melahirkan, bisa dimudahkan. Maghrib aku masih sempat mandi dan sholat, siap-siap ke RS. Malu kan kalau bau.. :P

Sekitar pukul 19.00, aku sampai di UGD, segera dicek oleh bidan. Ketika mempersiapkan diri untuk dicek, qadarullah aku sudah flek! Langsung tenang di hati. Bismillah.. insya Allah sebentar lagi. Setelah dicek oleh bidan, diketahui aku sudah bukaan 3. Langsung dianjurkan masuk kamar bersalin.

Sejak bukaan tiga, nyeri terasa semakin sakit. Aku diminta makan dan minum terus, katanya untuk tenaga. Padahal banyak minum berarti sering ke kamar kecil. Akhirnya bolak-balik ke kamar mandi dengan perjuangan. Di sela-sela kontraksi, maghku kambuh. Lengkap deh rasanya.

Ketika kontraksi semakin sakit, rasanya pengen segera minta dicek bidan, jangan-jangan bukaan udah banyak. Nggak sabaran banget, ya.. Tapi sesuai prosedur, pengecekan dilakukan setelah 4 jam dari pengecekan pertama. Pengecekan tidak boleh dilakukan terlalu sering karena dikhawatirkan terjadi infeksi. Akhirnya manut aja sambil meringis. Menunggu dari jam 19.00 sampai 23.00 itu rasanya kudu sabar banget. Perawat melakukan pengecekan rutin kontraksi, detak jantung janin, dll tiap jam. Semakin sering kontraksi terjadi, semakin sering pengecekan dilakukan, selanjutnya tidak sampai sejam dilakukan pengecekan lagi.

Akhirnya jam 23.00 tiba. Bukaan dicek kembali oleh bidan, ternyata sudah bukaan 6 (berharapnya udah bukaan 8 gitu :')) Lalu diminta menunggu lagi. Pengecekan lanjutan direncanakan 2 jam kemudian. Subhanallah, kontraksinya semakin menjadi. Ada suami di sisi sangat menentramkan. Maaf ya, mas tanganmu kuremas-remas sapai sakit. Buat para suami, perlu sekali membawa bekal makanan dan minuman, dan berusaha secara rutin memberi asupan untuk isteri. Mungkin isteri bakalan menolak karena konsen sama sakitnya kontraksi. Tapi asupan tetap penting agar kuat mengejan.

Oke, lanjut dengan ceritaku.
Setelah pengecekan pukul 23.00 tadi, perut terasa semakin menjadi. Bahkan rasanya seperti tak ada jeda istirahat kontraksi. Lalu tidak sampai sejam kemudian, aku mengeluh merasa mulas pengen mengejan. Setelah dicek, sudah bukaan 8, lalu dilakukan persiapan persalinan sambil menunggu bukaan lengkap. Berlanjut ke bukaan 9, bidan membolehkan mengejan pelan jika terasa dorongan lagi. Lalu aku mengejan pelan, tapi terasa seperti ada yang keluar, setelah dicek ternyata kepala bayi sudah nampak. Subhanallah, sebentar lagi..

Lalu mulailah ritual mengejan yang sesungguhnya. Aku dipasangi infus dan oksigen untuk menambah stamina. Agar napas semakin panjang. Akhirnya sekali.. dua kali.. terasa ada yang perih, tapi tetap kulanjutkan, tiga kali mengejan.. dan tangisan cinta terdengar. Alhamdulillah..

Pukul 00.25 tanggal 2 Maret 2016 putri kecilku lahir.

Segala kelancaran adalah dari Allah.
Alhamdulillah.. :)

Selamat membaca dan Happy blogging! \(^0^)/

0 komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi! Silahkan, bekomentar dengan sopan! :D

 

Bunga Rumput Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei