Rabu, 24 Desember 2008

ISLAM AGAMAKU

Diposting oleh Camelia di Rabu, Desember 24, 2008

Islam adalah agama yang sempurna dan satu-satunya agama yang diridhai oleh Allah. Dalam agama islam, banyak hal luhur yang diajarkan. Perilaku-perilaku terpuji adalah ruh yang mewarnai islam dan merupakan sifat wajib bagi pengikutnya. Salah satu sifat yang mendapat perhatian dari Allah adalah adil. Banyak ayat qur'an dan hadits yang menyoroti masalah keadilan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kenyataanya memang kata adil kerap kita dengar dan tak jarang menjadi bahan perbincangan yang hangat. Setiap hari ada saja masyarakat yang menuntut keadilan.

Banyak pakar yang menafsirkan keadilan dengan definisi yang berbeda-beda. Begitu pula masyarakat umum juga mempunyai pengertian yang bermacam-macam mengenai keadilan. Hal ini menyebabkan makna adil menjadi terkesan relatif. Namun, islam memiliki definisi yang jelas mengenai keadilan.

Keadilan dalam islam, dibahas hingga masalah kedudukan dan fungsinya. Aplikasi adilpun dibahas beserta kaidah dan sangsinya. Adil adalah salah satu sifat yang diwajibkan untuk dimiliki oleh seorang muslim. Bukan doktrinasi melainkan peneguhan idealisme dan jati diri. Menjadi seorang muslim harus mengerti masalah adil dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Rasulullah saw. Benar-benar teladan yang mulia. Beliau adalah sosok yang meresapi makna adil dan pelaksanaannya dalam kehidupan beliau. Seperti bagaiman beliau selalu menggendong cucu kembarnya, Hasan dan Husein dengan kedua tangannya. Itu hanya satu contoh saja. Contoh lain adalah peristiwa peletakan hajar aswad setelah renovasi ka'bah. Dalam kisah itu tergambar kearifan, kecerdasan dan sifat adil nabi dalam memutuskan perkara. Walhasil, tidak ada komplain dari setiap kepala suku. Semua mendapatkan haknya dan tidak merasa disisihkan atau diperlakukan tidak adil. Dengan ditegakkannya keadilan, semua akan hidup rukun, aman, dan harmonis. Wallahu a'lam bishawab……..

0 komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi! Silahkan, bekomentar dengan sopan! :D

 

Bunga Rumput Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei