Senin, 26 Agustus 2013

Antara Buku, Jamur, dan Cinta : Tips Merawat Buku

Diposting oleh Camelia di Senin, Agustus 26, 2013
Saya lagi demen ngomongin buku. Sebenarnya campuran dari rasa seneng dan frustasi. Seneng karena koleksi nambah dan frustasi karena kantong menipis. Karena tergiur harga murah, akhirnya tetep beli walaupun lagi bokek. Iseng mampir pameran pun, senggak niat-nggak niatnya, tetep beli paling nggak satu buku. 
Tergiur beli buku baru lagi -_-

Buku-bukuku semua kusimpan di kamar kosku yang nggak lebar-lebar amat. Karena buku koleksiku sudah mengganggu ketentraman umum (baca: berantakan), akhirnya kumasukkan ke kardus-kardus bekas kertas fotokopian. Total jadi 3 kardus. sisanya semacam novel kesayangan dan komik-komik ditaruh di rak buku kecil yang emang cuma satu-satunya. Terus di kardus disusun berdiri, dan dikasih kapur barus (katanya biar buku nggak kuning).

Singkat cerita aku mudik lebaran cukup lama. Lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya. Abis itu balik ke jogja, eng ing eeengg... 
Kamarku lembab. sepertinya jogja jadi panas selama kutinggal (siapa elo?), dan kamarku jadi lembab. //anggap aja nyambung 

Aku nggak sadar buku-bukuku dalam bahaya sampe temenku dateng pinjem buku. Yosh! aku buka kardus, aku ambil koleksiku.. dan.. TIDAAAAAAKKK! Buku-bukuku sekarat. beberapa menguning dan ada yang berjamur. Sebagian besar aman, sih.. tapi sebagian kecil yang terluka itu sungguh menyayat hati! (lebay? segitulah aku mencintai mereka)

Segera dilakukan evakuasi. Buku-buku dikeluarin dan ditaruh meja. Karena ga ada cukup meja, mau nggak mau ditumpuk, deh.. -_-
Buku favorit dan komik yang di rak

Dan kardus-kardus yang telah jadi buruk rupa di satu sisi itu, aku buang jauh-jauh.

Setelah tanya sana-sini, akhirnya dapet tips biar buku awet. Setelah digabungkan dengan pengetahuan yang kumiliki, jadilah:

TIPS MERAWAT BUKU
1. Lindungi buku dengan sampul
2. Jangan melipat, tapi gunakanlah pembatas buku
3. Lebih baik gunakan rak untuk menyimpan buku, disusun berdiri
4. Jika menyimpan buku dalam container atau lemari tertutup, gunakan silica gel (bukan kapur barus). Silica gel berfungsi agar udara tempat penyimpanan nggak lembab
5. Simpan buku di tempat yang dekat sirkulasi udara dan kering, karena warna kuning dan jamur dapat tumbuh di daerah yang lembab.
Sip, segitu aja. diamalkan dulu. dan diriku tetep belum punya rak lagi. Baiklah.. ntar kalau tabungan sudah cukup, beli rak buku dulu. kasihan kalau dibiarkan bertumpuk begini.


Koleksi buku yang dievakuasi-terpaksa ditumpuk

Selamat mencoba, membaca, dan terus ngeblog!

0 komentar:

Posting Komentar

Mari berdiskusi! Silahkan, bekomentar dengan sopan! :D

 

Bunga Rumput Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei